BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Inspirasi / Raja Muslim Ini Pernah Tercatat Menjadi Orang Paling Kaya Sedunia

Raja Muslim Ini Pernah Tercatat Menjadi Orang Paling Kaya Sedunia

mansa_musa.jpg

Groufiee.com – Mungkin saat kita mendengar tentang siapa orang paling kaya di dunia, kita sering membayangkan nama nama tenar seperti Bill Gates, Carlos Slim Heu atau Warren Buffett. Namun ternyata, para “orang terkaya” tersebut bukan tandingan tokoh muslim kita yang satu ini.

Mansa Musa ya itulah namanya dialah raja Mali pada abad 13-14 an. Ia merupakan orang paling kaya diantara orang-orang yang kaya se-dunia bahkan sepanjang sejarah. Musa adalah seorang muslim. Selain kaya, ia juga seorang raja yang dermawan dan rendah hati. Ia menjadi dikenal di belahan bumi Afrika, Eropa, Asia Tengah dan bahkan dunia.

Sebagai raja kerajaan Afrika Barat yakni Mali, dilansir musmus.me, Musa mempunyai kekuasaan di daerah penghasil emas dari Senegal dan Boure. Selama masa kepemimpinannya, pengetahuan dan seni budaya menjadi salah satu yang maju dalam kerajaan-Nya. Musa menjadi terkenal selama berabad-abad tak lain karena kekayaanya yang mencapai Rp 4.000 Triliun juga karena kemurahan hatinya. Jika nilai kekayaan tersebut saat ini di rupiahkan, hampir 4 kali lipat APBN Indonesia.

Sedikit yang diketahui mengenai kehidupan awal dari orang yang dikenal sebagai Mansa Musa itu. Istilah mansa yang berarti “raja” atau “tuan”. Sejarawan menceritakan bahwa Musa mewarisi kerajaan Mali dari ayahnya pada sekitar tahun 1307

Bertahun-tahun sebelumnya, kakek Musa, Sundiata, mendirikan kerajaan Mali, tepatnya setelah menaklukkan Kekaisaran Ghana sekitar 1230. Di bawah ayah Musa, Uli, pusat perdagangan, seperti Timbuktu dan Djenné, menjadi tempat penting peradaban sekaligus kemajuan budaya.

Mansa musa memperbesar kerajaan Mali menjadi sebuah kekaisaran. Kekaisaran Mali meliputi sebagian besar wilayah Afrika Barat. Gambia, Guinea, Mali, Senegal, dan bagian dari Burkina Faso, Maureitania, dan Nigeria juga merupakan wilayahnya.

Baca juga:  So Sweet, Seorang Gadis Kecil Yang memeberikan Boneka Teddy Bear Kepada Seorang Polisi Yang Sedang Bertugas!

Sebagai raja, Musa menggalakkan pertanian, industri, dan perdagangan hingga benar-benar berkembang. Kekaisaran ini memperoleh sebagian besar kekayaannya melalui kontrol dari rute perdagangan yang melewati wilayah kekuasaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *