BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Hiburan / Mengapa Kucing Suka Memijat?

Mengapa Kucing Suka Memijat?

Groufiee.com – Pernah melihat kucing melakukan gerakan memijat sesuatu atau, atau memijat kamu sendiri atau induknya sendiri? Dia biasanya menggerak-gerakkan kedua tangannya yang imut itu dengan gerak seperti memijat. Pasti bingungkan.. mengapa mereka melakukan gerakan seperti itu? Perlu kamu ketahui jika kucing kamu melakukan gerakan memijat sepert itu, ternyata ada arti dan maksudnya tersendiri.

Para ahli mengatakan gerakan memijat bagi kucing merupakan insting alami yang dia bawa sejak masih menyusu pada induknya. Jika diperhatikan gerakan memijat itu sama dengan gerakan saat mereka melakukan pijatan rangsangan untuk melancarkan aliran susu induk.

Kucing yang dipisahkan dari induknya sejak masih tahap belum disapih akan lebih sering melakukan pijatan daripada kucing yang disapih saat sudah besar. Mereka melakukan hal itu karena belum puas menyusu induknya, jadi perilaku itu terus dibawa sampai mereka dewasa, terkadang ditambah dengan acara tidur di baju atau di bantal.

Gerakan kucing suka memijat

Pada kucing dewasa lain, memijat dilakukan karena insting mereka untuk membuat tempat tidur yang nyaman. Sama seperti saat nenek moyang kucing menata rerumputan atau daun-daun kering untuk tidur di alam liar. Kucing yang sedang hamil dan hendak melahirkan juga akan melakukan ritual pijatan pada kain atau bantal yang jadi alas tidurnya supaya lebih nyaman dipakai.

Bagi kucing manfaat lain dari perilaku memijat ini adalah “memberikan tanda” pada apa yang dia sebut sebagai propertinya. Pada bagian telapak tangan kucing terdapat kelenjar bau, saat memijat aroma tersebut keluar dan menempel pada permukaan yang dipijat.

Jadi, ketika kucing memijat kita itu artinya dia sedang menandai badan kita sebagai “miliknya”. Pijatan ini fungsinya sama seperti saat kucing sedang melakukan “scratching” atau cakaran pada barang-barang atau area tertentu. Dia memberi tanda bahwa dialah penguasanya, dan kucing lain pun akan mengenalinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *