BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Info / Kopi di Indonesia yang Wajib Dicoba

Kopi di Indonesia yang Wajib Dicoba


Groufiee.com – Kopi merupakan minuman yang sudah menjadi favorit bagi orang indonesia.  Mulai dari anak muda hingga yang lanjut usia.  Hal ini wajar saja dikarenakan rasanya yang unik dan enak serta manfaatnya yang bikin mata melek.

Selain itu, kopi juga dapat diolah menjadi berbagai varian minuman kopi yang sedang trend saat ini. Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan kinerja jatung sehingga disaat lelah dan mengantuk jatung tetap mempa darah lebih cepat dan membuat tubuh menjadi segar kembali.

Di indonesia varietas kopi terdiri dari 4 jenis yaitu arabika, robusta, liberika dan exelsa.   Robusta memiliki tektur yang keras dan menghasilkan kopi yang kental.  Karakternya yang pahit, membuat kopi robusta kurang di minati, coba saja kalian ke coffee shop, jarang sekali di temukan menjual kopi robusta, biasanya kopi jenis ini di jadikan bahan dasar untuk membuat Caffee latte, americano, atau espresso. Bagi anda yang membutuhkan kafein kadar tinggi, kopi robusta mungkin bisa memenuhi kebutuhan anda. Sedangkan Untuk anda penikmat kopi yang tidak terlalu pahit, kopi arabika bisa menjadi pilihan anda. Sedangkan untuk kopi liberika biasanya menghasilkan kopi yang kental tapi tidak terlalu pahit. Dan yang terakhir adalah kopi exelsa,  kopi ini memiliki rasa yang paling pahit diantara jenis kopi yang lain karena itu cukup jarang dijumpai di warung kopi atau cafe.

Keunikan lain dari kopi yaitu kopi memiliki rasa yang berbeda- beda tergantung dimana kopi itu ditanam dan bagaimana proses penyangraian sehingga kopi telah menjadi ciri khas berbagai daerah diindonesia seperti berikut:

1.  Kopi Gayo


Kopi gayo merupakan kopi yang dihasilakan dari daerah gayo aceh tengah.  Kopi gayo merupakan kopi yang cukup banyak dinikmati hingga diekspor ke luar negeri.  Kopi ini memiliki aroma yang tajam dan rasa yang pahit.  Akan tetapi rasa pahit dari kopi gayo juga dibarengi dengan rasa gurih sehingga membuat penikmnat kopi menikmati setiap tegukannya.

Baca juga:  Jadwal Euro 2016 (Piala Eropa 2016) di RCTI Siaran Langsung Live Lengkap

 

2.  Kopi Jawa

Kopi jawa ini tentu memiliki keunikan tersendiri seperti kopi yang lainnya. Kopi jawa memiliki rasa yang tidak terlalu pahit hal ini dikarenakan proses penggillingan kopi dilakukan dengan proses basah.  Hal ini juga membuat kopi jawa memiliki nuansa rempah- rempah khas jawa dengan aroma yang membuat tubuh lebih nyaman.

3.  Kopi Toraja

Kopi toraja sulawesi selatan juga kopi yang paling diminati oleh pencinta kopi. Kopi ini bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung kesana.  Kopi toraja tentu memiliki rasa yang tidak diragukan lagi.  Kopi toraja memiliki kafein yang rendah dan memiliki rasa yang pahit.  Akan tetapi rasa pahit tidak akan melekat di lidah karena setelah kopi diteguk rasa pahitnya juga tidak akan terasa lagi di lidah.

4.  Kopi Kintamani

Kopi kintamani merupakan kopi khas bali yang juga berbeda dari kopi lainnya.  Proses penanaman kopi dengan metode tumpang sari dengan jenis buah dan sayuran membuat kopi ini memiliki rasa dan aroma yang segar seperti jeruk sehingga rasa pahit kopi dapat diimbangi dengan segarnya aroma yang segar membuat kopi ini tidak terlalu berat dan cocok dinikmati oleh semua orang.

5. Kopi Sumatera

Kopi sumatera tersebar dari medan, lampung hingga sumatera selatan dan jambi. Kopi ini memiliki aroma dan rasa yang cukup kuat dan kadar kafein yang cukup tinggi.

Kopi ini cocok dinikmati untuk pencinta kopi yang memang ingin menikmati rasa kopi yang kuat dan tentu akan membuat mata tetap terjaga.

6. Kopi Luwak

Kopi luwak merupakan kopi yang cukup istimewa dan memiliki harga yang mahal.  Kopi ini merupakan kopi yang terbuang bersama kotoran luwak yang menyukai buah kopi.  Biji kopi tidak dapat dicerna oleh luwak sehingga masih dalam bentuk biji utuh.

Baca juga:  7 Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan, Berdasarkan Para Ahli

Yang membuat istimewa dari kopi ini yaitu kopi mengalami proses permentasi didalam lambung luak bersama dengan buah- buahan lain yang dimakan sehingga rasanya menjadi lebih ringan dan tentu rasa buah-buahan yang manis juga ikut terasa bersama pahitnya kopi.

Tentu kopi-kopi tadi perly dicoba bagi penikmat kopi sehingga dapat merasakan sendiri ciri khas dari rasa masing- masing.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *