BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Hiburan / Kenapa Ayam Tidak Bisa Terbang Walau Punya Sayap?

Kenapa Ayam Tidak Bisa Terbang Walau Punya Sayap?

Groufiee.com – Anda pasti bertanya-tanya, mengapa ayam yang mempunyai kedua sayap tapi tidak bisa terbang? Begitupun dengan saya pasti bertanya-tanya dan pasti membandingkan dengan burung yang sama-sama punya sayap tapi burung bisa terbang.

Coba kita perhatikan, ayam bukannya sama sekali tidak bisa terbang. Ia sesekali bisa mengangkat tubuhnya dengan kepakan sayap, tapi tidak bisa membawa tubuhnya lebih tinggi alias tidak bisa terbang seperti burung. Penyebabnya adalah karena ayam memiliki tubuh yang lebih besar dari sayapnya.

Jadi sebenarnya ayam memiliki struktur dan bulu sayap yang sangat berbeda dengan burung. Ayam memiliki perbandingan ukuran sayap (ketika dibentangkan) terhadap berat dan ukuran tubuh yang tidak proporsional.

Dengan kata lain, badan ayam terlalu besar jika dibandingkan dengan ukuran sayapnya, sehingga dengan otot yang kuat sekalipun, ayam tetap tidak dapat terbang.

Berbeda dengan burung. Burung memiliki struktur sayap yang lebar, susunan bulu-bulu yang rapat dan kuat, serta ukuran tubuh yang kecil dan lebih ringan. Dengan tubuh seperti itu, burung akan dengan mudahnya mengangkat tubuh dengan kepakan sayap.

Ada juga beberapa burung yang punya sayap yang kecil, burung kolibri salah satu contohnya. Namun, getaran sayap burung kolibri sangat cepat sehingga tidak terlihat oleh mata. Jika ayam bisa mengepakkan sayap secepat burung kolibri, mungkin ayam juga bisa terbang setinggi burung.

Sayangnya, ayam tidak bisa mengepakkan sayap dengan super cepat seperti kolibri. Bulu ayam tidak melekat di tubuhnya sekuat burung dan gampang rontok. Kalau ayam mengepakkan sayapnya secepat burung kolibri, bisa rontok semua bulunya. Nah, itulah beberapa alasan mengapa ayam tidak bisa terbang walaupun memiliki sayap. Semoga menambah pengetahuan anda.

Baca juga:  Mengapa Kucing Suka Memijat?

Jangan lupa share jika menurut anda artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *