BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Hiburan / Kenapa Ayam Jantan Selalu Berkokok Tiap Pagi? Cari Tau Yuk

Kenapa Ayam Jantan Selalu Berkokok Tiap Pagi? Cari Tau Yuk

ayam.jpg

Groufiee.com – Mengapa ayam jantan selalu berkokok saat menjelang fajar, atau saat menjelang subuh tiba?

Sampai saat ini para peneliti masih terus melakukan penelitian terhadap fenomena ayam jantan berkokok setiap pagi dan belum ada penelitian yang pasti yang menyebabkan ayam berkokok setiap pagi. Tetapi baru-baru ini para ilmuwan Jepang mengklaim bahwa mereka mengetahui apa yang membuat ayam-ayam jantan ini berkokok dan membuat keributan setiap fajar tiba.

Seperti yang telah di publikasikan dalam jurnal Current Biology, para peneliti menemukan jika ayam berkokok dipagi hari karena faktor ritme sirkadian yaitu jam internal tubuh dan bukan karena pemicu eksternal.

Para peneliti menempatkan sekelompok ayam jantan di ruang kedap suara dan tak berjendela. Satu kelompok diamati dalam kondisi 12 jam siang hari dan 12 jam dalam cahaya redup. Sementara kelompok kedua terkena cahaya redup yang konstan sepanjang waktu. Laporan ini menemukan bahwa ayam yang berada dalam kondisi cahaya 12 jam dan 12 jam siklus cahaya redup, mereka teramati berkokok sekitar 2 jam sebelum ada cahaya. Asumsinya, ini adalah waktu dini hari. Dan ternyata, mereka konsisten dengan pengamatan unggas yang ada di alam liar.

Begitu juga dengan ayam yang ditempatkan dalam pencahayaan redup sepanjang waktu, mereka juga berkokok terus tepat di tiap pagi sebelum fajar. Ini membuktikan bahwa perilaku tersebut disebabkan karena irama sirkadian tubuhnya.

Selain menemukan bahwa jam biologis adalah alasan utama dari mengapa ayam berkokok ketika fajar tiba, para peneliti juga menemukan bahwa ternyata sistem peringkat yang ada pada ayam menjadi faktor penentu kapan mereka harus berkokok, karena kokokan ini juga dianggap sebagai sebuah peringatan yang menandakan klaim daerah kekuasaan setiap ayam.

2 Terkomentari

  1. agus399@yahoo.com'

    Owh jadi begitu ya, baru tau nih… Good Info!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *