BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Kesehatan / Cara Ampuh Obati Sariawan dengan Bahan-bahan alami

Cara Ampuh Obati Sariawan dengan Bahan-bahan alami

Sariawan

Sariawan merupakan penyakit yang menyerang rongga mulut dan lidah.  Sariawan ini berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung yang menimbulkan rasa perih yang dirasakan saat makan dan minum.  Tentu saja sariawan menggangu aktifitas sehari-hari sehingga membuat kita sulit untuk makan dan berbicara.

Penyebab sariawan cukup banyak baik dari faktor dalam maupun faktor luar. Perubahan cuaca yang cukup ekstrim membuat data tahan tubuh menajadi lemah sehingga mudah terserang penyakit.  Kekurangan vitamin b12 Dan vitamin C menjadi penyebab utama terjadinya sariawan dibarengi dengan kebiasan yang suka makan gorengan dan cemilan yang pedas.

Selain itu, faktor benturan yang terjadi didalam mulut seperti tergigit, menguyah makan yang sedikit keras dan mulut yang Kotor.  Kebersihan mulut merupakan faktor penting mencegah terjadinya sariawan karena saat mulut kotor ribuan bakteri bersarang dimulut, sedikit saja luka dimulut agak dapat menjadi sariawan.

Bila sudah mempunyai sariawan tidak usah panik.  Berikut adalah obat sederhana yang dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan alami yang pasti mudah didapat.

  • Jeruk Lemon atau Jeruk Nipis

Jeruk lemon merupakan Buah yang kaya akan vitamin C sehingga sangat ampuh mengobati panas dalam dan sariawan.  Akan tetapi harganya cukup mahal Dan sulit didapat sehingga dapat diganti dengan jeruk nipis.

Cara mengobati sariawan dengan jeruk lemon atau jeruk nipis cukup mudah.  Yaitu dengan mengambil perasan air nya ditambah sedikit saja air lebih kurang 1:1 lalu campurkan garam sedikit dan diteteskan me sariawan.  Mungkin agak sedikit perih tapi dijamin manjur. Lakukan terus menerus agar lebih cepat sembuh.

  • Bawang Putih

Bawang putih mengandung bahan anti septik sehingga dapat membunuh kuman dan bakteri.  Cukup dengan mengambil potongan bawang putih dan ditempelkan ke bagian yang bersariawan lebih kurang satu menit lalu berkumur dengan air garam.

Baca juga:  Penyebab Mabuk Perjalanan dan Cara Mengatasinya

Bawang putih juga ampuh untuk mengatasi gusi bengkak dan sakit gigi.  Dengan cara yang sama seperti mengobati sarawan tadi.

  • Baking soda dan garam

Mengobati sariawan dengan soda Dan garam tidal kalah mudah. Ambil satu sendok soda dan satu sendok garam lalu dicampurkan dan ditambah dengan air sehingga menjadi pasta tapi jangan teralu encer karena akan sulit saat mengaplikasikan.  Setelah berbentuk pasta oleskan ke bagian yang bersariawan hingga kering lebih kurang 5 menit lalu berkumur.  Penggunaan baking soda ini agak luka pada sariawan lebih cepat mengering dan mengecil.

  • Pisang dan madu

Campuran dari pisang dan madu sangat baik untuk mulut yang mengalami peradangan bail sariawan maupun panas dalam.  Caranya cukup menghaluskan pisang seperti bubur dan ditambah dengan madu lalu oleskan pada tempat yang bersariawan.  Dapat juga dimakan seperti jus agar tenggorokan menjadi dingin.

  • Gunakan Sikat Gigi yang Bagus

Sikat Gigi yang bagus menentukan kebersihan dari gigi dan rongga mulut.  Sikat Gigi sebaiknya diganti minimal enam bulan sekali.  Akan tetapi, sebaiknya diganti jika bulu-bulu pada sikat sudat tidak lurus lagi.  Mengapa? Karena bulu-bulu pada sikat gigi seeing mengenai rongga mulut sehingga sering terjadi luka yang akan mengakibatkan sariawan jika bakteri dalam mulut masih tersisa.

  • Buah-buahan dan yogurt

Pada saat sariawan, mulut membutuhkan lebih banyak vitamin b12 dan vitamin C agar sariawan lebih cepat sembuh dan tidal bertambah besar.  Selain itu,  mengkonsumsi yogurt dapat membantu membunuh bakteri dalam rongga mulut dan melancarkan pencernaan sehingga nutrisi dalam makanan lebih cepat diserah tubuh.

 

Setelah sembuh sebaiknya kita rutin memakan buah dan minum air putih minimal dua liter per hari agar keseimbangan tubuh tetap terjaga.

Baca juga:  7 Macam Manfaat Mengkonsumsi Teh Untuk Kesehatan Tubuh Anda

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *