BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Info / 9 Manfaat Menggunakan Daun Sirih Untuk Pengobatan

9 Manfaat Menggunakan Daun Sirih Untuk Pengobatan

Groufiee.com – Apakah anda sering mengantuk dan kehilangan konsentrasi saat melakukan aktivitas yang penting? Atau mungkin tumbuh jerawat di wajah anda sehingga mempengaruhi kepercayaan diri anda? Meskipun tidak saling berhubungan, tetapi kedua gangguan tersebut bisa diatasi dengan satu hal, yaitu dengan menggunakan daun sirih.

Tentu saja tidak hanya mengatasi rasa kantuk dan mengobati jerawat saja, tetapi daun sirih juga mampu mengatasi dan bahkan mengobati gangguan umum lainnya karena memiliki sifat ‘mengobati’. Meskipun di era modern ini penggunaan daun sirih sudah tidak terlalu umum untuk digunakan, tetapi masih sangatlah efisien jika diterapkan dalam mengatasi gejala-gejala atau penyakit tertentu. Ingin tahu apa sajakah manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh anda? Berikut adalah daftarnya.

Berperan Sebagai Analgesik

Pertama, daun sirih merupakan analgesik yang mampu mengurangi rasa sakit. Anda bisa menggunakannya untuk menenangkan rasa sakit yang disebabkan oleh luka, memar, ruam, radang, gangguan pencernaan hingga sakit perut akibat sembelit. Tumbuklah daun sirih tersebut kemudian gunakan ke bagian tubuh anda yang terkena memar. Anda juga bisa mengunyahnya untuk mengurangi rasa sakit dari dalam.

Mengatasi Konstipasi

Daun sirih mengandung antioksidan yang dapat membersihkan radikal bebas dari dalam tubuh anda. Dengan begitu, dapat mengembalikan kadar pH yang normal ke dalam perut anda yang tengah sakit sehingga dapat meredakan sembelit anda secara langsung. Sama seperti cara di atas, anda bisa mengunyah daun sirih untuk mengatasi konstipasi anda tersebut.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Daun sirih juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda. Minyak esensial dalam daun sirih tersebut dapat membantu sekresi asam pencernaan dan cairan lambung di dalam perut anda. Bagi anak-anak yang mengalami gangguan pencernaan, cobalah untuk merebus daun sirih dengan sedikit lada. Saring dan kemudian minumkan rebusan air tersebut sebanyak 2 sendok teh selama 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal.

Baca juga:  6 Manfaat Jus Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Mengurangi Nyeri Lambung

Daun sirih sangat baik dalam mengobati penyakit Gastroesophageal reflux atau GERD. Hal ini karena daun sirih mampu membersihkan radikal bebas dan racun berbahaya sehingga mampu mengurangi keasaman yang disebabkan oleh tingkat pH yang tidak seimbang di dalam perut anda.

Meningkatkan Nafsu Makan

Kita masih berbicara mengenai tingkat pH di dalam perut anda. Menurunnya nafsu makan juga bisa disebabkan oleh gangguan di dalam perut. Kadar pH yang normal tentu dapat memicu hormon perasaan lapar agar disekresi dalam jumlah yang optimal. Sementara – seperti yang sudah dibahas sebelumnya – bahwa daun sirih mampu mengembalikan kadar pH ke tingkat yang normal dengan cara membersihkan racun di dalam tubuh anda. Efeknya, anda akan kembali memiliki nafsu makan yang normal dan mempromosikan kesehatan secara keseluruhan.

Mempromosikan Kesehatan Mulut

Mungkin anda akan bertanya-tanya kenapa para pendahulu kita doyan sekali mengunyah daun sirih? Ternyata mereka melakukannya bukan tanpa alasan yang jelas. Daun sirih telah terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut seperti menyegarkan nafas, menjaga terhadap kuman-kuman dan bakteri, serta melindungi mulut anda dari patogen berbahaya lainnya. Mulut anda akan dibersihkan secara alami ketika mengunyah daun sirih.

Meringankan Bronkitis

Salah satu penggunaan terbaik dari daun sirih adalah tanaman herbal ini mampu berperan sebagai obat yang ampuh bagi mereka yang tengah menderita penyakit bronkitis. Daun sirih mampu meredakan peradangan di sepanjang paru-paru dan melebarkan dahak sehingga kemacetan di dalam dada berkurang dan bisa membuat anda bernafas dengan lebih lega.

Berperan Sebagai Antiseptik

Selain berperan sebagai analgesik, daun sirih juga mampu berperan sebagai antiseptik. Daun berbentuk seperti hati ini sangat kaya akan polifenol, terutama jenis chavicol. Kandungan tersebut mampu memberikan perlindungan ganda terhadap bakteri dan menjadikannya sebagai antiseptik yang ampuh jika diaplikasikan pada luka tertentu untuk membunuh kuman penyebab infeksi. Dan karena mengandung polifenol yang luar biasa, daun sirih juga sudah sering digunakan untuk mengobati penyakit terkait peradangan seperti arthritis dan orchitis.

Mengatasi Mimisan

Baca juga:  7 Macam Manfaat Mengkonsumsi Teh Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tentu saja, daun sirih merupakan salah satu obat paling terkenal dalam mengatasi mimisan. Daun sirih dapat membantu menghentikan aliran darah dan membutuhkan sekitar 30 menit untuk bekerja dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *