BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Kesehatan / 7 Macam Manfaat Mengkonsumsi Teh Untuk Kesehatan Tubuh Anda

7 Macam Manfaat Mengkonsumsi Teh Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Groufiee.com – Pastinya anda sudah tahu bahwa teh dapat meningkatkan kesehatan kulit dan menjaga agar tubuh anda tetap bugar dan ramping. Tapi tahukah anda bahwa terdapat beberapa manfaat kesehatan lainnya yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi teh?

Teh sudah muncul semenjak ribuan tahun yang lalu. Selama waktu tersebut, orang China mengkonsumsinya untuk mendapatkan berbagai macam manfaat dimulai dari mencegah kenaikan berat badan, mengontrol berat badan, hingga mengurangi rasa dingin. Kini, para peneliti modern juga telah banyak melakukan penelitian dan menunjukkan bahwa teh memang terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh anda.

Beberapa jenis teh dimulai dari teh hijau, teh hitam atau teh coklat, teh putih, hingga teh oolong mengandung antioksidan yang disebut katekin dan polifenol, dimana keduanya dapat memberikan efek positif terhadap tubuh anda.

Berdasarkan beberapa penelitian, berikut adalah 7 manfaat menakjubkan dari mengkonsumsi teh untuk kesehatan anda.

Mengurangi Kolesterol

Menurut sebuah penelitian meta analisis yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition pada bulan Juni 2011 menunjukkan bahwa teh hijau mampu mengurangi kolesterol, terutama kolesterol jahat ‘LDL’. Teh diduga bekerja dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dari usus besar anda. Bagi orang Cina, teh Pu Erh merupakan teh yang paling ampuh dalam menurunkan kolesterol.

Mencegah Kebutaan

Karena pada dasarnya teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, maka tidak aneh jika beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa teh juga dapat memberikan efek menguntungkan terhadap kesehatan mata anda. Menurut sebuah penelitian di tahun 2001 mengatakan bahwa mengkonsumsi teh dapat mencegah anda terkena kebutaan akibat katarak.

Mengurangi Kadar Kortisol

Kortisol merupakan hormon stres yang berkontribusi terhadap lemak perut dan membuat kulit anda mengalami penuaan lebih cepat. Tetapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi 4 gelas teh per hari dapat mengurangi kadar kortisol dalam tubuh anda.

Baca juga:  9 Manfaat Menggunakan Daun Sirih Untuk Pengobatan

Jika anda menginginkan kadar kortisol anda turun ke tingkat normal secara lebih cepat setelah mengalami stres, maka menurut sebuah penelitian di tahun 2006 menyarankan anda untuk mengkonsumsi teh selama 6 minggu berturut-turut. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh dapat mengurangi dampak yang dapat diberikan oleh kortisol tersebut dan mengurangi proses penuaan.

Anti Radang

Senyawa aktif dalam teh tentu dapat mengurangi kadar peradangan beserta reaksinya. Menurut Dr. Mark Hyman, peradangan itu sendiri terhubung dengan hampir semua jenis penyakit modern, dimulai dari arthritis, sindrom metabolik, hingga depresi. Dengan begitu, jika anda ingin memiliki jantung yang lebih sehat, pastikan anda untuk mengkonsumsi lebih banyak teh mulai dari sekarang. Sebuah penelitian di tahun 2007 menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi teh dan memiliki tingkat peradangan yang lebih rendah dapat membantu menjaga anda terkena penyakit kardiovaskular.

Anti Alergi

Ketika periode pergantian musim terjadi, maka itulah saat yang tepat bagi anda untuk selalu mengkonsumsi teh. Karena menurut penelitian yang dilakukan di Jepang di tahun 2007 menunjukkan bahwa polifenol EGCG dalam teh dapat membantu anda mengurangi serbuk sari penyebab alergi. Teh dapat mengurangi respon alergi melalui kuersetin, yaitu flavanol alami pada teh, dimana telah dikenal mampu mengurangi respon histamin.

Mengurangi Resiko Anda Terkena Stroke

Menurut sebuah penelitian meta analisis di tahun 2009 menemukan bahwa dengan mengkonsumsi teh hijau atau teh hitam setidaknya sebanyak 3 gelas per hari dapat mengurangi resiko anda terkena stroke iskemik sebanyak 21%.

Meningkatkan Ingatan, Fokus, dan Konsentrasi

Sebuah kombinasi antara kafein dan L-Theanin – yaitu sejenis asam amino alami yang ditemukan dalam teh – ternyata mampu meningkatkan waktu reaksi dan memori, serta meningkatkan fokus dan konsentrasi di saat yang bersamaan. Oleh karena itulah minuman ini sering disandingkan dengan para pelaku meditasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *