BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Travel / 6 Wisata Candi di Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

6 Wisata Candi di Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

Candi Prambanan

Groufiee.com – Kota Yogyakarta yang biasa disebut dengan kota pelajar maupun kota gudeg itu menyimpan sejarah dan peninggalan kebudayaan atau cultural heritage yang sangat banyak. Apabila anda bekunjung ke kota ini jangan lupa untuk menyempatkan ke wisata candinya. Candi-candi di yogyakarta boleh dibilang memiliki panorama dan landscape yang cantik-cantik. Dan berikut ini adalah beberapa candi yang ada di yogyakarta yang layak untuk anda kunjungi

1. Candi Prambanan
Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah. Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Truimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwargha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa sansakerta yang bermakna ‘Rumah Siwa’), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

2. Candi Ijo
Candi ini boleh dibilang sebagai candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta, terletak sekitar 18 km ke sebelah timur Yogyakarta, Anda akan menemukan sebuah candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Ya benar, Candi Ijo menjadi nama untuk kompleks candi yang terletak di atas bukit Gumuk Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Ketinggiannya sendiri mencapai sekitar 410 mdpl.

Panorama cantik dan megah mengelilingi bangunan candi Hindu ini. Dari atas kompleks candi ini kita juga bisa melihat panorama indahnya kota Yogyakarta dari ketinggian. Kompleks candi ini juga memiliki 17 bangunan yang terdapat dalam 11 teras yang berundak-undak.

Baca juga:  Berkunjung ke palembang, wajib coba makanan ini..

3. Candi sambisari
Candi Sambisari adalah candi Hindu (Siwa yang kira-kira letaknya 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Pada tahun 2003 di lokasi penggalian tersebut ditemukan dua buah prasasti yang ditulis dalam aksara Pallawa dan bahasa sansakerta mengenai pembebasan pajak tanah di Desa Pananggaran dan Parhyangan untuk pembuatan bendungan dan irigasi serta pendirian bangunan suci bernama Tiwaharyyan pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

4. Candi Kalasan
Satu lagi candi sarat sejarah dengan bentuk yang sangat memukau yaitu Candi Kalasan. Candi Kalasan terletak di Desa Kalibening, Tirtamani, Kabupaten Sleman. Candi ini punya tiga bagian, bagian bawah atau kaki candi, tubuh candi, dan atap candi.

Candi Kalasan merupakan salah satu candi Buddha yang ada di Yogyakarta. Bagian kaki candi berdiri di sebuah alas batu yang berbentuk bujur sangkar. Pada bagian ini terdapat tangga masuk berhiaskan makara di bagian ujung tangga.

5. Candi Plaosan
Candi Plaosan yang berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten ini menjadi salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta. Tidak hanya cantik dari bentuknya, Candi Plaosan terlihat semakin anggun saat matahari terbit.

Untuk menikmati sunrise di Yogyakarta candi Plaosan bisa jadi pilihan yang pas. Candi Buddha ini siap menampilkan siluet tercantik yang bermandikan sinar mentari pagi bisa membuat kagum siapapun yang melihatnya.

Candi Plaosan punya dua kompleks, yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Relief atau ukiran yang berada di Plaosan Kidul menggambarkan tentang laki-laki sedangkan Plaosan Lor menggambarkan tentang wanita. Keistimewaan lain yang dimiliki Candi Plaosan yaitu, di bagian belakang candi ini terdapat pohon bodhi dan semacam altar yang dikelilingi patung Buddha.

Baca juga:  6 Tempat Wisata di Bandung yang Layak dikunjungi Traveler

6. Candi Ratu Boko atau Situs Ratu Baka
Situs Ratu Boko berada di atas bukit di selatan candi Prambanan. Situs candi ini dikawasan Yogyakarta termasuk yang paling besar. Situs Ratu Baka (Bahasa Jawa: Candhi Ratu Baka) adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari komplek Candi Prambanan, Luas keseluruhan komplek adalah sekitar 25 ha.

Candi Ratu Boko

Situs ini menampilkan atribut sebagai tempat berkegiatan atau situs pemukiman, namun fungsi tepatnya belum diketahui dengan jelas. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panagkaran) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu). Dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan, diduga kuat situs ini merupakan bekas keraton (istana raja).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *