BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Kesehatan / 5 Dampak Akibat Dari Kurang Tidur

5 Dampak Akibat Dari Kurang Tidur

Groufiee.com – Tidur adalah kebutuhan bagi manusia dan merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Manfaatnya salah satunya adalah tubuh akan menjadi lebih bugar dan segar ketika bangun.

Kurang tidur di malam hari sangat tidak baik untuk kesehatan dan sedapat mungkin anda harus menghindari itu. Tetap usahakan untuk tidur cukup dan paling tidak 8 jam untuk tidur tiap malamnya.

Dan tentunya jika kurang tidur itu akan berakibat dan berdampak negatif bagi kesehatan anda, agar anda tau dan bisa mencegahnya sedari dini, maka berikut kami sampaikan dampak 5 akibat kurang tidur bagi kesehatan :

1. Mudah mengantuk pada siang hari
Orang yang kurang tidur akan lebih mudah mengantuk pada siang hari, meskipun tidak melakukan pekerjaan yang berat. Ibaratnya orang yang kurang tidur, ketika hanya duduk diam saja pasti akan merasakan kantuk yang berlebihan. Sama seperti ciri-ciri sebelumnya, hal ini disebabkan karena kurangnya istirahat yang dikarenakan akibat tidur larut malam.

2. Mudah lelah
Sudah jelas, orang yang kekurangan waktu tidurnya akan dilanda rasa lelah dan letih yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat di malam hari, sehingga keesokan harinya akan mengalami kelelahan dan keletihan yang berlebihan karena kurang istirahat.

3. Konsentrasi Menurun
Otak juga membutuhkan waktu untuk beristirahat dan rileks, yang diperoleh pada waktu tidur. Ketika kurang tidur malam, maka otak tidak akan istirahat yang cukup. Ditambah dengan kerja otak yang hampir non stop, maka fungsi otak akan menurun, dan sangat berpengaruh terhadap penurunan konsentrasi.

4. Stress
Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, pada saat tubuh kurang tidur maka salah satu hormon yang bernama hormon koristol dalam tubuh akan meningkat. Selain itu ketika hormon koristol tinggi akan mengakibatkan detak jantung yang semakin cepat sehingga bisa memperbesar resiko seseorang terkena stroke bahkan serangan jantung. Seperti yang dikutip dari medscape, hormon stress yang meningkat pada orang yang memiliki kesulitan tidur juga bisa mengingkatkan resiko diabetes.

Baca juga:  Cara Membakar Lemak di Perut dengan Cepat Hanya Dalam 4 Menit, Praktis!!

5. Menurunkan Imunitas
Pada saat tubuh tidur dan beristirahat maka tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang merupakan salahsatu hormon yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah yang cukup bagi tubuh untuk bisa menangkal berbagai bakteri dan virus. Selain itu penangkal kanker yang dikenal dengan nama TNF atau Tumour Necrosis Factor juga dihasikan dari pembuluh darah ketika tidur. Sehingga apabila tubuh kurang tidur maka imunitas tubuh akan menjadi semakin melemah dan membuat pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit menjadi lebih terbuka dan sangat rawan terserang oleh berbagai penyakit. Maka dari itu, dokter biasanya memberikatahukan pasiennya untuk tidur dengan cukup pada saat sakit menyerang tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *